11 Daftar Penyedia Free DNS Hosting Terbaik

Free DNS Hosting

Apa yang anda lakukan jika ingin mengcustom domain alamat blogspot? Yup, pertama kali anda harus memiliki DNS hosting agar bisa men-setting CNAME dari blogger. Jika anda memiliki hosting cpanel baik berbayar maupun gratis, anda bisa menggunakan fitur tersebut. Tapi jika anda hanya memiliki domain, fitur free dns hosting sangat diperlukan agar proses custom domain blogspot anda berjalan lancar.

Apa itu Free DNS Hosting?

DNS Hosting adalah sebuah service yang menjalan Domain Name Server, sebenarnya registrar (tempat anda mendaftarkan domain) sudah memiliki DNS sendiri. Tapi penyedia DNS pihak ketiga menyediakan layanan untuk mengoptimalkan latency sehingga website anda mudah diakses dari berbagai negara. Silakan baca disini untuk lebih lengkapnya : https://en.wikipedia.org/wiki/DNS_hosting_service

Jadi sebenarnya jika anda sudah memiliki domain sendiri, fitur dasar dari DNS sudah mereka sediakan. Tapi tidak semua registrar memiliki fitur DNS yang lengkap, kebanyakan hanya fitur forwarding dan mail address, tapi belum memiliki fitur A record dan CNAME serta custom MX address jika anda menginginkan email sesuai domain anda.

Jadi dengan menggunakan layanan pihak ketiga, anda bisa memaksimalkan domain anda dengan fitur yang lebih lengkap.

DNS hosting sendiri seperti layanan lainnya ada yang berbayar dan ada yang gratis, kali ini saya akan memberikan daftar DNS hosting gratis yang popular dan banyak digunakan.

Berikut 10 DNS Hosting Gratis untuk Custom Domain Blogspot

1. Cloudflare

Cloudflare

Cloudflare adalah salah satu penyedia CDN (Content Delivery Network) gratis yang popular di dunia, banyak domain menggunakan layanan gratis dari cloudflare ini untuk mempercepat loading websitenya karena cloudflare memiliki puluhan server yang berada diberbagai negara.

Untuk yang terdekat ke Indonesia, cloudflare memiliki server di Singapura dan Australia. Anda bisa memanfaatkan salah satu fitur DNS hosting gratis dari cloudflare ini sekaligus membuat website anda lebih kredibel dengan proteksi shared SSL.

Dengan memakai free DNS hosting service dari cloudflare ini anda bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus.

2. Namecheap

Namecheap

Selain sebagai penyedia domain murah yang banyak dimanfaatkan oleh para pemain SEO karena menyediakan free private whois untuk tahun pertama, namecheap juga menyediakan fitur DNS hosting gratis yang mereka klaim dapat meningkatkan kecepatan dan performa website anda.

Anda juga menggunakan namecheap sebagai DNS backup untuk DNS server anda sendiri maupun DNS provider hosting.

3. Freedns.Afraid.org

Afraid.org

Pertama kali saya mencoba custom domain blogspot tahun 2008 yang lalu menggunakan layanan dari Afraid.org ini. Anda bisa menghosting subdomain, domain, atau menggunakan layanan ini sebagai backup DNS anda.

DNS hosting yang sudah berdiri sejak tahun 2001 ini (15 tahun) juga menyediakan free subdomain. Bagi anda yang ingin membuat dummy blog atau blog pribadi bisa menggunakan free subdomain dari mereka.

4. Cloudns

Cloudns

Cloudns adalah layanan DNS hosting gratis dan berbayar, salah satu fitur dari versi berbayarnya adalah melindungi anda dari serangan DDoS.

Sedangkan layanan gratisnya Cloudns menyediakan 2 DNS server, 3 DNS zone, 3 mail forwarding, web redirect dan unlimited records.

5. Dynu

Dynu

Dynu adalah provider DNS hosting gratis yang telah beroperasi semenjak tahun 1997 (lebih lama dari Afraid.org). Layanan gratis dari Dynu ini menyediakan 4 domain, 4 subdomain, 4 MX records, 4 custom DNS records, 4 web redirect dan juga fitur untuk setting web jika sedang offline.

Records yang bisa anda gunakan di Dynu adalah A, AAAA, CNAME, PTR, TXT, SPF, SRV, HINFO.

6. Buddyns

Buddyns

BuddyNS adalah layanan secondary DNS yang bisa digunakan sebagai DNS backup jika DNS primary anda mengalami gangguan. Menurut review yang saya baca, BuddyNS adalah satu layanan DNS hosting yang paling mudah digunakan.

BuddyNS bisa meningkatkan performa dan uptime website anda menjadi 100% karena memiliki 8 POP diseluruh dunia. Layanan ini juga terintegrasi dengan CPANEL/WHM yang sering digunakan shared hosting.

7. PointDNS

Pointdns

Pada dasarnya ini adalah layanan berbayar tapi mereka menyediakan versi gratis dengan limit 1 domain per akun dan dibatasi 10 records. Cukup untuk custom domain blogger anda

8. Zonomi

Zonomi

Sama seperti PointDNS zonomi menyediakan layanan DNS hosting gratis dan berbayar, untuk versi gratisnya anda bisa menghost 1 zone (domain), 10 DNS records dan 1 juta DNS query perbulan. Spesifikasi yang hampir sama dengan PointDNS.

9. Rackspace

Rackspace

Selain menyediakan layanan Cloud, rackspace juga memiliki servis DNS hosting gratis.

10. 1984

1984

Menyediakan 12 records untuk keperluan DNS hosting anda. 1984 sendiri adalah perusahaan layanan hosting berbayar.

11. Geoscaling

Geoscalling

Fitur keren yang dimiliki geoscalling ini adalah bisa redirect pengunjung kehalaman tertentu berdasarkan IP negara mereka berasal. Jika anda memiliki website dwibahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) fitur ini sangat berguna.

Layanan gratis dari geoscalling bisa melayani 1juta request query perbulannya dan memiliki TTL (time to live) yang cepat, dibawah 5 menit.

Nah itulah layanan free DNS hosting untuk keperluan hosting anda, anda menggunakan layanan ini untuk custom domain baik di blogspot, tumblr, github, dll.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*