9 Distro Linux Paling Banyak di Download ala Distrowatch

Distro Linux

Ingin beralih ke linux karena diharuskan di sekolah? Ingin bebas dari virus? atau ingin mempopulerkan software open source? Semua alasan diatas adalah salah satu alasan utama orang ingin mencoba operating system Linux.

Linux sebagai inti dari OS memiliki banyak distro yang diolah sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya. Ada yang membuat distro linux untuk penetrasi keamanan seperti Kali Linux, ada yang membuat distro agar pengguna yang terbiasa dengan Windows tetap nyaman ketika mengoperasikan Linux jadilah Ubuntu dan turunannya seperti Kubuntu, Edubuntu, Xubuntu, dan Linux Mint.

Bagi anda yang ingin mencoba distro Linux, ada baiknya melihat Distro Watch. Di website ini anda akan menemukan informasi mengenai distro terbaru, terupdate dan paling banyak di download.

Berikut 9 Distro Linux Yang Paling Banyak di Download Ala Distrowatch.com

1. Linux Mint

Linux Mint

Bertengger di peringkat satu distro yang paling banyak di download di distrowatch, Linux Mint yang menggunakan Debian dan Ubuntu LTS (Long Term Support ) sebagai basis distronya banyak digunakan oleh para pemula sampai profesional. Karena kemudahan interface serta ramah bagi pengguna baru.

Linux Mint memiliki beberapa desktop yang bisa anda pilih yaitu : Cinnamon, GNOME, KDE, Mate dan Xfce.

2. Debian

Debian

Dibawah Linux Mint ada Debian yang merupakan distro kedua terbanyak didownload dan dikunjungi ala distro watch. Debian merupakan induk dari berbagai distro seperti Linux Mint sendiri, Ubuntu, Kali Linux, dan banyak lainnya.

Desktop yang digunakan sangat bervariasi seperti AfterStep, Awesome, Blackbox, Cinnamon, Fluxbox, flwm, FVWM, GNOME, i3, IceWM, ion, JWM, KDE, LXDE, MATE, Openbox, pekwm, Ratpoison, LXQt, WMaker, XBMC, dan Xfce.

Bisa dibilang Debian belum ramah kepada pemula dibidang linux, jadi urungkan dulu niat anda untuk menggunakan debian sebagai distro awal atau distro percobaan.

3. Ubuntu

Ubuntu

Salah distro linux yang terkenal menduduki peringkat ketiga di Distro Watch. Merupakan turunan dari debian dan memiliki desktop buatan sendiri yang disebut Unity. Dulu Ubuntu pernah mengirimkan cd ISOnya secara gratis keseluruh dunia, penulis pernah mendapatkan CD ISO tersebut dua kali, yang pertama kali saat Ubuntu memiliki code nama Lucid Lynx.

Ubuntu banyak digunakan untuk keperluan pribadi maupun digunakan sebagai server website karena keandalannya.

4. Open SUSE

Open SUSE

Peringkat keempat di Distro Watch adalah distro Linux yang terkenal dengan desktop KDEnya. Bagi yang sudah pernah menggunakan desktop GNOME mungkin desktop versi KDEnya agak berbeda. Selain itu ada beberapa desktop lain yang digunakan Open SUSE seperti Cinnamon, GNOME, IceWM, KDE, LXDE, Openbox, WMaker, dan Xfce.

Open SUSE salah satu distro yang disarankan bagi pemula yang ingin mencoba-coba OS Linux.

5. Manjaro

Manjaro

Distro yang dibuat untuk pengguna destkop ini adalah salah satu desktop yang cepat baik digunakan di PC maupun di netbook. Manjaro basisnya menggunakan Arch dan mendukung beberapa desktop terkenal seperti bspwm, Budgie, Cinnamon, Deepin, Enlightenment, Fluxbox, GNOME, i3, JWM, KDE, LXDE, LXQt, MATE, Openbox, pekwm, dan Xfce.

6. Fedora

Fedora

Adalah distro linux yang independent alias berdisi sendiri seperti Debian yang dimiliki oleh Red Hat. Desktop default yang digunakan oleh Fedora adalah GNOME. Project Fedora sendiri berbasis di USA.

7. Elementary OS

Elementary OS

Debian dan Ubuntu menjadi basis dari distro ini, sama seperti Ubuntu yang memiliki Unity sebagai desktop defaultnya. Elementary OS juga memiliki desktop sendiri yang mereka kembangkan yang disebut Pantheon. Distro Linux yang satu ini juga ditujukan untuk pengguna level pemula, menengah dan banyak digunakan untuk keperluan pribadi maupu perkantoran.

8. Zorin OS

Zorin OS

Ingin pindah ke linux tapi masih betah dengan user interface dari windows? Gunakan Zorin OS. Distribusi linux yang satu ini memang ditujukan untuk pemula yang baru saja berpindah ke Linux dari Windows. Tampilan yang sangat mirip dengan windows dan didesain untuk bisa menjalankan aplikasi windows menjadikan Zorin OS sangat ramah bagi pengguna windows yang ingin mecoba linux.

9. Cent OS

Cent OS

Fedora dan Redhat adalah basis dari distro kesembilan yang terbanyak didownload di Distro Watch. Cent OS biasanya digunakan oleh server linux untuk menjalankan website. Desktop yang digunakan cuma dua yaitu GNOME dan KDE.

Bagi yang ingin mempelajari tentang virtual private server (VPS) bisa mencoba Cent OS sebagai latihan.

Itulah 9 Distro Linux yang bisa dijadikan pilihan bagi anda yang ingin mencoba linux. Anda pernah mencoba distro lain? Silakan share dikomentar!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*